Belajar Beternak Ayam yang Dijamin Mendatangkan untung Besar

Menurut penelitan, pegawai yang memiliki hobi mampu terhindar dari stres. Seperti yang dilakoni Ferry Hidayat, ia pilih beternak ayam untuk isi saat luangnya di akhir pekan. Jika berkenan berbisnis, jangan ditunda-tunda, harus dengan modal nekat,” begitulah lebih kurang ungkapan keliru satu teman Ferry, sapaan akrabnya. Ferry yang saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Serpong ini memiliki kegemaran yang unik, yakni memelihara ayam. Bukan cuma memelihara ayam biasa, pria yang sudah dikarunia tiga anak ini pun dikenal sebagai peternak ayam yang memadai sukses. Kesuksesan yang dicapai bermodal kenekatan dan kecintaannya terhadap ayam.

Awal mula ketertarikan terhadap usaha ayam di awali saat ia ditugaskan di KPKNL Pangkalpinang terhadap tahun 2012. Kala itu, Ferry datang ke kebun seorang teman yang ditanami berbagai buah-buahan. Asrinya kondisi kebun disempurnakan dengan suara gemericik sungai kecil sebabkan Ferry teringat bakal jaman kecilnya. Layaknya sebagian besar anak keclil di pertengahan tahun 1980-an, jaman kecil Ferry dihabiskan dengan mencari ikan di sungai dan memelihara ayam. Maka, saat mendengar tersedia sebidang tanah yang dijual beserta kandang ayamnya di Pangkalpinang, Ferry pun tidak berpikir lama. Ia belanja tanah berikut dengan harga yang memadai murah.

Belajar Beternak Ayam yang Dijamin Mendatangkan untung Besar

Langkah pertama yang dikerjakan Ferry untuk mengawali usaha beternak ayam yakni belanja day old chick atau DOC (anak ayam berusia satu hari). Tanpa menanti lama, Ferry langsung belanja 1000 DOC beserta perlengkapan beternak lainnya. “Saya kerap dengar, jikalau berbisnis itu harus langsung eksekusi, jangan terlalu banyak pikiran,” ujar pria kelahiran Jakarta ini sembari tertawa. Ferry mengawali usahanya berbekal kecintaan terhadap ayam. Ia banyak studi cara mengurus ayam, merasa memelihara hingga memberi makan, dari buku dan teman-temannya.

Belajar Beternak Ayam yang Dijamin Mendatangkan untung Besar

Dengan mempekerjakan satu orang asisten, Ferry terlalu menikmati hobi barunya ini. Akhir pekan selalu ia habiskan dengan mengurus ayam-ayamnya. Setelah memadai umur, ayam broiler berikut dijual kepada pengepul. “Saya belum mampu jikalau menjual ayam secara langsung ke pedagang pasar tradisional. Mereka pasti butuh ratusan pasokan ayam tiap hari,” tuturnya. Kesuksesan Ferry untuk menjalani usaha ini tak lepas dari pemberian penuh keluarga. “Istri terlalu menunjang penuh, namun anak-anak puas protes dengan bau kotoran ayam yang terlalu menyengat,” kata bapak dari Oryza Febrizard Hidayat, Rahma Camelia Jasmine, dan Muhammad Keynes Hidayat ini.

Belajar Beternak Ayam yang Dijamin Mendatangkan untung Besar

Dua tahun mengabdi di Pangkalpinang, Ferry mendapat penempatan baru di KPKNL Serpong. Sebagai pegawai negeri sipil, pasti ia harus siap mengabdi ke seluruh lokasi di Indonesia. Namun kepindahannya ke Serpong membawa sedikit kesedihan dikarenakan harus berpisah dengan ribuan ayam-ayam yang sudah diternakkannya. Dengan memboyong seluruh keluarga, Ferry pun lagi ke Jakarta, daerah kelahirannya. Beberapa saat sesudah itu, ia menjual kebun di Pangkalpinang, sesudah itu belanja sebidang kebun dan rumah di Ciomas, Bogor. Di situlah Ferry mengawali kehidupan baru sebagai orang Bogor. Nah itulah Belajar Beternak Ayam yang Dijamin Mendatangkan untung Besar.